Rabu, 01 Februari 2012

Melawai... tempat nongkrongnya muda mudi Balikpapan



Jika selama ini Anda mengenal kota Balikpapan sebagai oil city atau kota minyak, tampaknya anggapan tersebut perlu sedikit diubah. Ternyata Kota Balikpapan tidak hanya menyimpan kekayaan minyak di perut buminya, namun juga menyimpan beragam obyek wisata yang elok sehingga patut dijadikan sebagai referensi liburan Anda. Sebut saja Pantai Manggar Segarasari, Hutan Lindung Sungai Wain, Taman Agro Wisata, Pantai Lamaru, Monumen Perjuangan Rakyat Balikpapan, Penangakaran Buaya, Pantai Banua Patra, dan masih banyak lainnya.
Di antara obyek wisata yang telah disebutkan di atas, ada satu obyek wisata menarik yang terletak tidak jauh dari pusat Kota Balikpapan. Obyek wisata tersebut adalah Pantai Melawai. Lokasinya yang terletak di tepian jalan raya dan sejalur dengan Pantai Banu Patra, Pelabuhan Semayang, serta kawasan kilang minyak Balikpapan, membuat Pantai Melawai menjadi tujuan wisata yang cukup populer bagi masyarakat sekitar. Selain itu, Pantai Melawai juga dikenal sebagai ikon tempat berkumpulnya muda-mudi Balikpapan.
Pantai Melawai merupakan tempat strategis di Balikpapan untuk melihat proses tenggelamnya matahari di ufuk barat. Mengingat kondisi geografis Kota Balikpapan yang menghadap ke timur atau Selat Makassar, tampaknya hampir mustahil mendapat tempat yang baik untuk melihat sunset. Namun, anggapan itu ditepis dengan keberadaan Pantai Melawai yang terletak di teluk kecil sehingga memungkinkan melihat terbenamnya matahari. 

B. Keistimewaan
Bercengkerama bersama sanak keluarga maupun sahabat sembari menikmati suasana sore di Pantai Melawai akan menjadi pengalaman liburan yang tak terlupakan. Di tempat ini ada banyak penjual makanan yang mengusung konsep lesehan dengan pemandangan laut lepas. Berbagai makanan dijual di tempat ini, mulai dari camilan ringan hingga makanan berat. Jangan lupa Anda harus mencoba menu khas tempat ini, yakni jagung bakar, sekoteng, dan pisang gapit yang disajikan bersama saus gula merah serta parutan keju. Sembari menikmati makanan, Anda dapat menyaksikan pemandangan kapal yang sedang lego jangkar dan menurunkan muatan di pelabuhan, atau kapal yang sedang berlayar di Teluk Balikpapan.

Pantai Melawai di Kala Senja

Nuansa khas Melawai begitu kental terasa saat matahari yang bersinar di balik awan berlahan-lahan terbenam. Diiringi suara debur ombak yang memecah di batu karang dan bunyi kendaraan yang melintas, semuanya menciptakan pesona senja yang kontras namun memikat. Tak lama berselang akan terlihat pemandangan yang lebih indah, yakni kerlap-kerlip cahaya warna-warni yang bertaburan di tengah laut. Tak lain tak bukan itu adalah lampu kapal yang lalu lalang di Pelabuhan Semayang maupun lampu-lampu rig yang berada di laut lepas Balikpapan. Selain itu, tampak pula pemandangan cerobong minyak yang mengeluarkan flare gass.
Semakin malam suasana di sekitar Pantai Melawai bukannya semakin sepi, melainkan semakin ramai. Pengunjung biasa memadati kawasan ini hingga pukul 24.00 WITA. Penjual makanan pun semakin banyak. Oleh karena itu, Pantai Melawai menjadi pusat kuliner Balikpapan di malam hari dan juga pusat berkumpulnya anak-anak muda.

Penjual Makanan di Pantai Melawai

Tak begitu jauh dari Pantai Melawai ada sebuah pulau kecil yang dikenal dengan nama Pulau Tukung yang kerap juga disebut dengan nama Pulau Babi. Dilihat sepintas pulau ini mirip dengan Tanah Lot Bali. Jika air laut sedang surut, Anda dapat berjalan kaki menuju pulai kecil nan menawan tersebut. Di Pulau Tukung ada banyak biota laut yang terperangkap di balik karang. Ada juga kepiting yang berlomba-lomba masuk ke celah jika ada orang yang datang. Bagi anak-anak kecil hal tersebut menjadi pemandangan tersendiri yang menggembirakan. Namun, jika air laut sedang pasang, Anda tidak akan bisa berjalan menuju pulau tersebut.

Pulau Tukung

C. Lokasi
Pantai Melawai terletak di antara Pelabuhan Semayang dan Pantai Banua Patra, tepatnya di pinggir Jalan Sudirman, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia.
D. Akses
Akses menuju Pantai Melawai terbilang mudah. Hal ini dikarenakan Pantai Melawai terletak tidak begitu jauh dari kompleks Pertamina. Dari pusat kota Balikpapan, Pantai Melawai hanya berjarak sekitar 3 km. Untuk mengunjungi pantai ini Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika Anda menggunakan kendaraan umun, Anda dapat menggunakan angkutan kota nomor 6 (warna biru) dari pusat Kota Balikpapan.
E. Harga Tiket
Untuk menikmati pesona Pantai Melawai, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun guna membayar tiket masuk. Hal ini dikarenakan Pantai Melawai terletak di tepian jalan utama Kota Balikpapan, sehingga semua kendaraan bisa melewati jalan tersebut dan melihat keindahan Pantai Melawai. Pantai Melawai biasanya ramai dikunjungi mulai pukul 19.00 รข€“ 24.00 WITA.
F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya
Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Melawai terbilang lengkap. Mulai dari hotel, restauran, tempat karaoke, arena olahraga (Lapangan Merdeka), bank, rumah sakit, dan berbagai sarana pendukung lainnya semua tersedia. Jika Anda sudah puas menikmati suasana pantai, cukup dengan berkendara 5 menit Anda akan sampai di pusat kota dan dapat menikmati gemerlapnya Balikpapan.

2 komentar: