Selasa, 13 Desember 2011

LOSMEN MURAH DIJEPANG

Walaupun Jepang identik dengan yang maha-mahal, tapi ternyata juga ada yang murah loh di jepang. Tapi kadang yang murah memang diimbangi dengan fasilitas yang biasa-biasa saja. Berikut beberapa alternative yang bisa menjadi referensi KoKiers jika ingin ke jepang namun dengan biaya yang tidak mahal. untuk perbandingan, perkiraan saja kurs rupiah vs yen sekitar IDR.100 per yen.

Penginapan

1. Capsule Hotel
Capsule hotel adalah jenis hotel paling murah yang ada di Jepang, sekitar 3000~4000 yen.
Hotel jenis ini sudah tersebar diseluruh Jepang, dan biasanya terdapat di dekat stasiun kereta api. Awalnya tujuan dibuatnya capsule hotel adalah sebagai tempat penginapan bagi mereka yang tertinggal kereta malam hari, namun belakangan telah berubah fungsi menjadi alternative penginapan oleh turis asing dengan budget kecil.
Hal yang sangat memprihatinkan dengan adanya capsule hotel ini adalah semakin banyaknya homeless yang tidak terdata pemerintah. Sesuai dengan nama dan harganya yang sangat murah, hotel ini sangat kecil dan hanya bisa memuat 1 orang. Walapun dengan ukuran yang hanya 2x1x1 meter, namun fasilitasnya lumayan lengkap loh, ada TV, AC, radio, dan internet.
Kalau turis bawa barang-barang juga tidak usah repot, ada loker penitipan barang. Selain itu juga, kalau mau mandi pagi harinya, disebagian besar capsule hotel juga terdapat spa dan pemandian Ofuro, tapi tentu nya dengan tambahan biaya lagi. Ini salah satu capsule hotel di Tokyo http://www.asia-hd.co.jp/i_capsule.html







.
2. First cabin hotel
Hotel jenis ini jauh lebih baik daripada capsule hotel walaupun tidak sebesar hotel lainnya, katanya hotel konsep ini terinspirasi dari first cabin di pesawat. Tapi harga nya tidak berbeda jauh yaitu sekitar 4000~6000 yen. Fasilitasnya juga lebih baik, ada LCD TV, telephone, AC, dan tentunya fasilitas Inet.
Untuk fasilitas toilet dan kamar mandi tidak berbeda jauh juga dengan capsule hotel, tidak disediakan kamar mandi pribadi tapi hanya kamar mandi dan toilet umum. Ini contoh first cabin hotel di Jepang http://www.first-cabin.jp/en/







3. Ryokan 
Ryokan adalah jenis hotel tradisional Jepang. Bentuk dan fasilitas hotel ini sangat jauh berbeda dengan hotel modern yang ada di negara lain. Bentuk bangunan nya berupa rumah-rumah tradisional jepang, dan fasilitasnya juga sangat berbau Jepang, ini yang paling sasha suka “onsen” atau pemandian air panas.
Ryokan ini merupakan tempat penginapan favorit bagi turis asing yang datang ke Jepang. Selain dapat merasakan budaya jepang di penginapan ini, juga diberbagai ryokan disediakan instruktur-instruktur yang akan mengajarkan kesenian Jepang seperti ocha nomu kata (cara minum teh ala jepang), ikebana (seni merangkai bunga), cara memakai kimono dan kesenian lainnya.
 Dengan fasilitas tersebut, ryokan memang lebih mahal daripada hotel lain, yaitu sekitar 7000~16000 yen. tapi sasha jamin, ga menyesal deh menginap di ryokan. Salah satu ryokan
http://www.sakura-ryokan.com/english/ehome.html

 





4. Minshuku 
Minshuku adalah rumah-rumah penduduk yang memiliki kamar untuk disewakan selama musim panas. Penduduk yang menyewakan rumah ini biasanya petani atau nelayan. Harga sewa minshuku tergolong sangat murah sekitar 2000~5000 yen permalam perkamar, biaya ini sudah termasuk makanan. Keuntungan memilih tinggal di minshuku adalah makanan yang disediakan pemilik rumah sangat segar, karena biasanya merupakan hasil kebun atau ikan tangkapan sendiri. Selain itu juga bisa merasakan kebudayaan dan kebiasaan masyarakat Jepang yang masih sangat kental dan asli di daerah Jepang yang jauh dari kota.
Untuk makanan dengan harga murah, bisa ditemui dimanapun di seluruh Jepang. Umumnya makanan di chukka ryouri resutoran (restoran makanan china) lebih murah daripada makanan jepang. Tapi ada juga makanan jepang yang murah, tapi bukan di restoran, biasanya di rumah makan kecil seperti toko okonomiyaki, ramen, soba, atau kios-kios makan lainnya. Atau makan dikantin-kantin kampus, yang terkenal enak itu di kampus keio university di minato-ku Tokyo, dan murah tentunya.
Daftar tempat makan lainnya di Tokyo bisa dilihat disini http://www.sunnypages.jp/travel_guide/tokyo_restaurants
Setelah puas menikmati Jepang yang kaya dengan makanan dan pemandangannya, sebelum pulang tentunya  mau belanja oleh-oleh ya, nah ada website www.kakaku.com yang akan memberi informasi tentang tempat belanja termurah untuk semua produk, toko yang sedang diskon, dll. Biasanya juga dilengkapi dengan panduan lokasi toko nya, misalnya berapa menit jalan kaki dari stasiun atau juga informasi sampai jam berapa program diskon berlaku.

 







Note:
Harga penginapan, makanan dan belanja di Tokyo jauh lebih mahal daripada diluar Tokyo.
Dan setiap toko, penginapan, dan tempat wisata umumnya bisa menerima CC dan DC.
 

0 komentar:

Posting Komentar