Selasa, 27 Desember 2011

HARI TERAKHIR DIJOGJA

Pagi-pagi sekali saya sudah bangun karena pagi ini hari terakhir di Jogja.. sementara masih ada spot wisata yang belum saya datangi.. Setelah mandi kami segera cari sarapan pagi didepan hotel.. Cukup 10 ribu dah dapat nasi rames lengkap + segelas teh hangat... Kemudian kami segera menuju Keraton dengan berjalan kaki.. Kami mampir dulu di Benteng Vredeburg.. Ternyata masih tutup jadi kami puaskan dengan berfoto-foto didepannya saja... Lumayan, gak perlu bayar tiket masuk... hehehehehe!!

Setelah itu langsung menuju Keraton Jogja yang jaraknya tidak terlalu jauh, sekitar 10 menit aja.  Banyak sekali penarik becak yang menawarkan becaknya untuk menuju keraton.. Karena dekat jadi saya putuskan untuk berjalan kaki saja.. Ternyata keraton baru buka jam 9.30 pagi.. Jadi sambil menunggu saya duduk-duduk saja didepan alun-alun..

Sekitar jam 9 lewat saya putuskan untuk masuk kedalam keraton.. ternyata sudah banyak sekali pengunjung yang datang.. sebagian besar adalah mahasiswa dari Surabaya dan ada juga rombongan dari Berau.. Tepat jam 9.30 loket dibuka tapi untuk rombongan didahulukan... Tiket masuk kedalam Keraton sebesar Rp. 3000,- dan untuk kamera Rp. 1000,- dan tidak boleh memakai topi saat masuk kedalam keraton..

seperti ini didalamnya

Keraton Jogja sangat luas, maklum aja namanya juga istana raja sudah pasti luas... Karena saya tidak terlalu suka maka kami putuskan untuk langsung menuju SOLO.. Kami mau ke Tawang mangu (air terjun Grojogan Sewu)... Kami naik bus menuju Tawang mangu..

Tawangmangu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kecamatan ini ternama karena merupakan daerah wisata yang sangat sejuk.
Tawangmangu dikenal sebagai obyek wisata pegunungan di lereng barat Gunung Lawu yang bisa ditempuh dengan kendaraan darat selama sekitar satu jam dari Kota Surakarta (Solo). Tempat ini sejak masa kolonial Belanda telah menjadi tempat berwisata. Obyek tujuan wisata utama adalah air terjun Grojogan Sewu (tinggi 81 m). Di tempat tetirah ini tersedia berbagai sarana pendukung wisata seperti kolam renang dan berbagai bentuk penginapan. Dari Tawangmangu dapat dimulai pendakian ke puncak Gunung Lawu (Pos Cemorokandang). Selain itu, dari sini terdapat jalan tembus yang menuju ke Telaga Sarangan di Magetan lewat Cemorosewu.

Sampai di Terminal Tawang Mangu masih harus ganti mobil L300 dengan tarif Rp. 4000,- untuk sampai di gerbang Gorojogan sewu.. Disini kesabaran benar-benar diuji.. L300 yang harusnya hanya muat 10 orang tapi oleh supirnya bisa muat sampai 15 orang.. bisa kebayang kan??? Hampir 30 menit menanti mobil penuh akhirnya saya bilang ke supirnya klo tidak jalan juga saya akan turun.. akhirnya supir mengalah dan segera berangkat menuju Grojogan sewu..

Setelah berjalan kaki sekitar 5 menit dari depan gerbang akhirnya sampai juga kami diloket masuk grojogan sewu....Tiket masuknya sebesar Rp. 6000,-

Saatnya menuruni tangga menuju air terjun grojogan sewu

Saya pikir tempatnya dekat.... ternyata masih hatus menuruni ratusan anak tangga sebelum sampai diair terjun... Oh iya, hati-hati dengan tas dan topi karena monyet-monyet disini sedikit liar...

Sesampainya diair ternuj yang ada malah rasa sakit dikaki yang belum sembuh juga... tapi pemandangannya cukup bisa menghilangkan sedikit rasa sakitnya

Kami gak bisa berlama-lama coz jam sudah menunjukkan jam 4 sore... sedangkan bus terakhir yang menuju Jogja cuma sampai jam 5 sore saja.... Segera kembali kami menaiki anak tangga yang jumlahnya ratusan... benar-benar mau putus ni kaki rasanya... orang yang normal kakinya saja sudah sangat kecapean... apalagi saya yang timpang karena habis jatoh dari motor kemarin itu... hiksss..hiksss!! sesampainnya diatas kami disambut dengan ini......
Perjalanan dari gerbang Tawang mangu sampai di Terminal ternyata lumayan jauh juga... untungnya di Tawang mangu itu hawanya dingin jadi gak terlalu berasa... Sampai di Terminal sudah jam 5 sore... ternyata masih ada bus terakhir yang menuju Terminal Prambanan... Alhamdulillah yaaaa!!! Capeeeee

Akhirnya malam hari baru sampai dipenginapan dan langsung mandi + makan malam... setelah makan malam saya ke Stasiun Tugu untuk beli tiket ke Surabaya besok pagi.. dan ternyata....apessss!!! Semua tiket sudah habis terjual..

dan disarankan untuk ke Stasiun lempuyangan untuk cek kereta ekonomi.. Sesampain di Lempuyangan ternyata tiket untuk besok pagi juga sudah habis terjual...

Yang ada sekarang adalah panikkkkk luar biasa... gimana gak panik.. persediaan uang tinggal sedikit.. akhirnya saya segera balik kepenginapan.. mandi dan langsung cek out... Tujuannya cuma 1, terminal bus... Untungnya masih dapat bus malam terakhir yang ke Surabaya.. Dengan tiket seharga Rp. 64ribu + 1 kali makan berangkatlah kami menuju Surabaya... karena sudah kecapean dari sore yang ada selama perjalanan kami tertidur pulasss..

Akhirnya kami sampai di Bungurasih sekitar jam 4.30 pagi.. Segera kami ganti bus Damri untuk menuju Airport Juanda... Perjalanan menuju Juanda sekitar 30-40 menit.. Jam 5 lewat kami sudah berada di Airport, sementara pesawat kami jami 12 siang.. Gak apa-apa, mending nunggu daripada ketinggallan pesawat....

Tawangmangu adalah sebuah kecamatan di sekitar lereng Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tempat tersebut kira-kira berjarak 1.5 jam perjalanan (50 Km) di sebelah Timur Kota Solo. Di Tawangmangu tersebut sebenarnya banyak dijumpai tempat wisata antara lain candi sukuh, candi cetho, air terjun jumog, dll, namun yang paling banyak dikunjungi dan paling popular adalah Air Terjun Grojogan Sewu. Air Terjun Grojogan Sewu terletak di sebuah hutan wisata yang masih asri dan alami

Original Source at: http://andhysukma.com/grojogan-sewu-wisata-air-terjun-di-tawangmangu/