Selasa, 05 Maret 2013

Keindahan TELUK BALIKPAPAN




Sebenarnya saya sudah pernah mendengar tentang Teluk Balikpapan.. Yang ada dalam pikiran saya " paling juga sama dengan teluk-teluk yang lain.. Sampai akhirnya saya membaca majalah Discover Balikpapan edisi " THE HIDDEN TREASURE".. Disitu ada foto Teluk Balikpapan yang diambil dari atas.. and guess what, ternyata Teluk Balikpapan kereeeen.. Kayak hutan Amazone dalam skala kecil... hahahahahaha.

Menurut wikipedia Teluk Balikpapan adalah sebuah teluk kecil di Indonesia, dekat dekat Pulau Kalimantan ke kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia. Teluk Balikpapan terletak di barat Selat Makassar, atau sekitar barat daya dari Samudera Pasifik. Teluk Balikpapan yang berbatasan beberapa daerah.Utara Kota Balikpapan, Selatan Penajam, Barat Kabupaten Penajam Paser Utara, Timur Selat Makassar.

        dok : Discover Balikpapan

                                                 

Ternyata ada tour yang diatur oleh LANDING ( lembaga pendidikan yang mengutamakan pengetahuan tentang hutan mangroves dan segala isinya). Kemudian saya menghubungi contact person yang ada di majalah itu, yaitu mbak anna.. Setelah bertanya2, saya juga diberi websitenya LANDING yaitu http://landing-balikpapanbay.blogspot.com/..

Kemudian saya menghubungi beberapa teman yang tergabung dalam BALIKPAPAN BACKPACKER, apa ada yang mau bergabung untuk menyusuri Teluk Balikpapan.. Akhirnya terkumpulah 9 orang yang mau. Kami mengambil paket SORE seharga Rp. 300.000..

Pas hari H ternyata ada 2 teman yang gak jadi ikut.. Akhirnya saya mencoba menghubungi teman-teman yang lain agar tetap 9 orang yang berangkat.. Untungnya Yogi dan temannya bersedia gabung.. sayapun menetapkan meeting point di Gado2 Siram Persiba pada jam 4 sore, selain dekat teman-teman yang lain pun bisa mengisi perut dulu.

Setelah semuanya kumpul dan sudah mengisi perut kami segera menuju pelabuhan Kampung Baru Ujung ( Pelabuhan Persero/Perum).. Gak lama kemudian munculah perahu yang akan mengantar kami menyusuri Teluk Balikpapan.. Sedikit kecewa sih, karena perahunya ternyata kecil dan gak ada life jacket seperti yang sudah dijanjikan.. Perlahan perahu mulai menyusuri Teluk balikpapan


Waktu sudah menunjukkan jam 5 sore tapi matahari masih bersinar dengan panasnya.. Untung tadi pakai celana panjang jeans + kaos lengan panjang, jadi cukup terlindungi.. Klo gak, bisa jadi ikan asin.. Hahahahahaha...

Teluk Balikpapan dikelilingi oleh lebatnya hutan Mangrove.. Dan ternyata di teluk balikpapan tidak hanya  dipenuhi bakantan dan hutan mangove tapi juga ada Pesut dan Duyung ( dugong). Ada anggapan Pesut Mahakam selama ini hanya terdapat di tiga belahan dunia, yakni  Sungai Mahakam, Sungai Irawady, dan Sungai Mekong. Satwa ini diketahui sebelumnya hidup pada ekosistem air tawar (sungai). 

Ternyata, Pesut Mahakam juga ditemukan di Teluk Balikpapan, padahal dengan ekosistem air asin (laut). Satwa langka yang menjadi maskot Kaltim itu ternyata juga  kemudian ditemukan di Sungai Malinau (Kaltim). Jika beruntung kita akan menemukan pesut-pesut tersebut, tapi harus pagi hari berangkatnya.

Kami cukup beruntung hari ini, baru 30 menit perjalanan kami sudah menemukan bekantan yang bergelayutan dipohon. Biasanya bekantan-bekantan itu muncul saat hari mulai gelap..



Sebenarnya bisa dibilang cukup nekat, pertama saya gak bisa berenang ( ssttt.. jangan bilang siapa2 ya).. yang kedua, ternyata diteluk itu masih ada buayanya... yang ketiga, kapal yang kami tumpangi terbilang kecil.. mana sering oleng... yang ada sepanjang jalan cuma bisa berdoa supaya bisa pulang dengan selamat... hahahahahahaha


Gak terasa sudah 1,5 jam kami menyusuri Teluk Balikpapan... hari pun mulai gelap.. Tapi kami masih diberi bonus tambahan yaitu semakin banyaknya bekantan yang keluar + sunset yang indah...


                                                 kalau liat ini pasti gak pengen pulang....


Maka berakhirlah perjalan kami menyusuri Teluk Balikpapan.. Sangat tidak disaran membawa anak kecil jika ingin menikmati Teluk Balikpapan, karena tidak tersedianya life jacket untuk keselamatan penumpangnya.

No hp mbak ana ( Landing) 0813 4718 6183 atau 0856 5806 9785
Motorist perahu pak Bedul 0821 5104  9756

Untuk videonya bisa diliat disini...

                                                          thanks to yogi bwt videonya
























Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar