Sabtu, 07 Januari 2012

TIPS KELILING KARIMUNJAWA


Karimunjawa adalah gugusan kepulauan di Laut Jawa yang menyembunyikan keindahan pulau-pulau tak berpenghuni nan eksotik dengan pantai pasir putih dan biota laut yang beraneka ragam dan mempesona. Secara administratif, kepulauan ini masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah.

Menuju Karimunjawa

Dari Yogyakarta, Anda bisa naik travel (door to door minibus) atau bus umum ke Semarang atau Jepara, 2 kota yang memiliki dermaga penyeberangan menuju Karimunjawa.


Jalur Semarang
Semarang dapat dicapai dengan 3-4 jam perjalanan darat menggunakan bus umum (patas dan ekonomi) yang berangkat dengan frekuensi cukup sering dari Terminal Giwangan maupun Terminal Jombor. Jasa travel (door to door minibus) yang berangkat 6 kali sehari ataupun mobil sewaan juga dengan senang hati akan mengantar hingga ke ibukota Provinsi Jawa Tengah ini. Dari Semarang, Anda bisa langsung menuju ke Pelabuhan Tanjung Mas dan menyeberang ke Karimunjawa dengan kapal cepat KMC Kartini. Perjalanan laut ini memakan waktu sekitar 3,5 jam.

Bus AC Yogyakarta - Semarang (Rp. 35.000, 3,5 jam). Kapal cepat KMC Kartini (+62 24 7605660) berangkat dari Semarang ke Karimunjawa hari Sabtu pk 9:00 dan Senin pk 07:00; pulang dari Karimunjawa ke Semarang hari Minggu pk 14:00, dan hari Selasa pk 11:00 (Rp. 259.000 / 299.000 pp, 3,5 jam)
Jadwal keberangkatan sewaktu-waktu bisa berubah, sesuai dengan kondisi cuaca. Untuk kepastian jadwal keberangkatan KMC Kartini, hubungi Kantor Dinas Perhubungan Semarang +62 24 7605660

Jalur Jepara
Jepara adalah sebuah kota kecil di pantai utara Jawa Tengah yang berjarak sekitar 191 km dari Yogyakarta. Untuk menuju ke kota yang terkenal dengan kerajinan ukir kayunya yang cantik ini, Anda bisa naik bus menuju Semarang dan dilanjutkan dengan bus jurusan Semarang - Jepara. Alternatif lain adalah menggunakan mobil sewaan dari Jogja, sepeda motor sewaan atau jasa travel (door to door minibus) yang akan mengantar Anda menempuh 5 jam perjalanan menuju Jepara. Penyeberangan dari Pelabuhan Kartini Jepara menggunakan kapal feri KMP Muria memang memakan waktu yang lebih lama, sekitar 6 jam, namun banyak menjadi pilihan karena harga tiketnya lebih ekonomis. Selain itu, jalur ini juga menjadi satu-satunya pilihan ketika kapal cepat KMC Kartini sedang tidak berlayar (docking).

Kartika Travel (+62 274 559595, Jl. P Diponegoro 82 Yogyakarta) melayani rute Yogyakarta - Jepara (Rp. 90.000, 6 jam). Kapal pelan KMP Muria (+62 291 591048) berangkat dari Jepara ke Karimunjawa hari Sabtu, Senin, dan Rabu pk 09:00; pulang dari Karimunjawa ke Jepara hari Minggu dan Selasa pk 08:00 dan hari Kamis pk 09:00 (Rp. 30.500 / 80.000, 6 jam)
Jadwal keberangkatan sewaktu-waktu bisa berubah, sesuai dengan kondisi cuaca. Untuk kepastian jadwal keberangkatan KMP Muria, hubungi Kantor ASDP Jepara +62 291 591048

Berkeliling Karimunjawa

Sewa Perahu Nelayan
Sebagai wilayah kepulauan dengan taburan pulau-pulau cantik dan eksotik, menyewa perahu nelayan adalah cara yang paling efektif untuk islands hopping dan menikmati keindahan pulau-pulau yang sebagian besar tidak berpenghuni.
Tarif sewa perahu: Rp 300.000 - Rp 500.000 (tergantung ukuran perahu dan pulau-pulau yang ingin didatangi)

Sewa Sepeda Motor
Menyewa sepeda motor sangat efektif bagi Anda yang ingin menjelajahi mainland, Pulau Karimunjawa, dan juga Pulau Kemujan yang hanya dipisahkan oleh selat kecil selebar sekitar 3 meter. Naik sepeda motor melewati jalan-jalan desa, hutan hujan tropis, serta mendaki perbukitan untuk kemudian menjelajah desa-desa nelayan dan menemukan pantai-pantai perawan tersembunyi akan menjadi pengalaman tersendiri yang menarik.

Sewa Sepeda
Mountain Bike menjadi salah satu favorit kendaraan untuk menjelajahi mainland. Namun bila ingin mengayuh sepeda keluar dari desa, Anda harus menyiapkan energi ekstra karena jalanan baik turun khas perbukitan.

Mobil Pick up dan Becak
Lokasi dan kontur geografis Karimunjawa menyebabkan tidak adanya bus ataupun angkot. Mobil pick up dan becak menjadi pilihan sebagai alat transportasi dari pelabuhan menuju ke hotel/homestay dan juga sebaliknya. Beberapa pemilik pick up ini juga dengan senang hati akan mengantar Anda ke sisi lain mainland untuk berburu sunrise.

0 komentar:

Posting Komentar