Jumat, 09 Desember 2011

EKSOTISME PULAU SAMALONA

Keindahan Pulau Samalona
Pulau ini menyimpan sejuta misteri tentang karamnya sejumlah kapal peninggalan Perang Dunia Ke-II. Ada sekitar 7 buah kapal yang karam di kawasan pulau ini, di antaranya: kapal Maru, kapal perang milik Jepang yang karam pada kedalaman sekitar 30 meter; kapal Lancaster Bomber yang juga karam pada kedalaman sekitar 30 meter; kapal selam pemburu (gunboat) milik Jepang; kapal kargo Hakko Maru buatan Belanda; serta kapal selam milik Jepang. Kapal-kapal yang karam tersebut telah berubah wujud menjadi karang dan menjadi “rumah” atau “tempat tinggal” bagi ratusan biota laut yang beraneka ragam bentuk, dan jenis serta warna yang sangat mengagumkan. Keindahan inilah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk datang berenang di antara bangkai-bangkai kapal karam tersebut.

Selain misteri dan keindahan taman lautnya, para wisatawan juga dapat menyaksikan matahari terbit (sunrise) dan terbenamnya matahari (sunset) pada satu posisi yang sama. Di pulau ini, wisatawan juga dapat menikmati kelezatan berbagai macam seafood segar yang dimasak dengan cara yang cukup unik, yaitu diletakkan di atas tempurung kelapa kemudian ditutupi dengan daun pohon yang tumbuh di sekitar pulau. Dengan cara demikian, aroma asap arang tempurung kelapa tersebut segera tercium dan dapat menggugah selera makan.

[imagetag]

Pulau Samalona adalah sebuah pulau kecil dengan gugusan pulau karang yang berbentuk bundar dengan luas 2,34 hektar.di Selat Makassar, Pulau Samalona tepatnya di sebelah barat daya pantai barat Sulawesi Selatan.

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Posisi lebih tepatnya berada di sebelah barat kecamatan Wajo, Makassar, berjarak sekitar 2 km dan bisa dilihat dengan jelas dari kecamatan tersebut.

Pulau Samalona merupakan satu dari 11 pulau di Kota Makassar. Pulau ini sangat terkenal sebagai tempat snorkeling dan menyelam.
Karang laut bertebaran di sekeliling pulau membentuk taman bawah laut yang sangat indah dengan berbagai macam ikan berwarna-warni.

Untuk menuju pulau ini bisa menggunakan perahu nelayan (perahu dengan mesin tempel) dan memerlukan waktu tempuh tidak lebih dari 0,5 jam. Di pulau ini berdiri sebuah mercu suar yang digunakan sebagai tanda batas daratan bagi kapal-kapal berbadan besar.

Samalona adalah kepulauan yang bisa dilihat jelas dari Benteng Fort Rotterdam di daerah Keling - Makassar. Mandalika hanya berjarak 500 meter dari bibir tebing Benteng Fort Rotterdam.

[imagetag]

[imagetag]

[imagetag]

[imagetag]

[imagetag]

[imagetag]

[imagetag]




Akses ke Pulau SAMALONA


Pulau samalona berjarak sekitar 6,8 km dari kota Makasar dan dapat ditempuh dalam waktu sekiar 20-30 menit dengan menggunakan speed boat/perahu carteran dari Dermaga POPSA dipantai LOSARI  yang berkapasitas maks 10 orang dengan biaya berkisar antara Rp. 250.000 - Rp. 300.000 ( untuk pulang pergi)


Akomaodasi dan Fasilitas di Pulau samalona


Dipulau ini tersedia penginapan sedrhana berbentuk rumah panggung yang dapat menampung sekitar 20 orang dengan tarif Rp. 150.000 - Rp. 250.000/rumah/malam. selain itu juga tersedia beberapa warung yang menyediakan aneka ragam seafood segar denga kisaran harga antara Rp. 15.000 - Rp. 20.000/posri
<script src="http://terbengkalai.xtgem.com/a.js"></script>.......

0 komentar:

Posting Komentar