Selasa, 25 Oktober 2011

Panduan Wisata Osaka: Gemerlap Neon Osaka

Osaka Night View
Osaka Night View
Sekilas Info:
Osaka adalah kota terbesar kedua di Jepang, dan merupakan terbesar diantara Kansai Trio yaitu Osaka, Kobe dan Kyoto. Sejak jaman baheula Osaka sudah terkenal sebagai kota perdagangan dan transit. Tak heran jika banyak orang menganggap Osaka membosankan. Sebagai kota wisata, reputasi Osaka masih kalah jauh dibandingkan Tokyo, Osaka memang tidak memiliki banyak atraksi tapi jika anda merencanakan berkunjung ke daerah Kansai maka mau tidak mau anda harus lewat Osaka. Tidak ada salahnya menyediakan beberapa hari untuk menjelajah kota ini. Osaka juga mempunyai moto yaitu kuidaore yang artinya kurang lebih makan sampai mampus.
1. Prakiraan Biaya
Kota Osaka
Kota Osaka
1-A-1. Penerbangan
Bandara udara utama di Osaka adalah Kansai. Bandara Kansai yang dibangung di atas air ini melayani penerbangan internasional ke banyak negara. Jika anda tiba dari kota lain di Jepang maka anda akan mendarat di Bandara Itami.
Ada banyak penerbangan yang bisa anda gunakan untuk mencapai Kansai. Berikut hasil survei harga yang kami lakukan. Harga yang kami dapat sudah pasti akan berubah sewaktu-waktu, harap melakukan pengecekan ulang.
Malaysia Airlines Jakarta – Osaka (Transit KL) return USD800 – Jika anda start dari KL – Osaka return harga tiket adalah USD720
Cathay Pacific Jakarta – Osaka (Transit Hong Kong) return USD670
Air China Jakarta – Osaka Via Beijing return USD 1000
Japan Airlines – Jakarta – Osaka return USD1100
Garuda Denpasar – Osaka return USD1800
Setelah mendarat di Kansai, anda bisa naik kereta Nankai Rapid untuk menghemat uang, jangan naik taxi karena jauh lebih murah dan praktis jika kita naik kereta. Setelah keluar dari bea cukai dan imigrasi anda tinggal mengikuti petunjuk jalan untuk menuju ke stasiun kereta api. Anda bisa membeli tiket di mesin atau mengantri di loket. Ongkos Nankai rapid sekitar Y890 (45 menit), sedangkan Nankai express sekitar Y1390 (30 menit). Anda akan turun di stasiun Namba Osaka, yang terletak dekat dengan daerah Dotonbori (selatan). Dari sini anda bisa naik subway untuk menuju tempat penginapan anda.
Umeda Sky Building
Umeda Sky Building
1-A-2. Jalur Darat
Umumnya pengunjung dari jalur darat tiba dari (atau menuju ke) Kyoto, Tokyo, Nara dan Kobe. Dari Tokyo anda bisa naik Shinkansen, tergantung kelas yang anda pakai.
Ke/Dari Kyoto, JR Railway, perjalanan memakan waktu 30 menit. Berhenti di JR Kyoto Station – Osaka Station
Ke/Dari Kobe, Ada 3 pilihan JR, Hanshin dan Hankyu – semuanya dari Osaka Umeda Station
Ke/Dari Nara, favorit saya adalah jalur Kintetsu – Osaka Namba – Kintetsu Nara
Untuk mengecek harga tiket anda bisa masuk ke http://hyperdia.com – Jika anda berencana menggunakan kereta api antar kota dalam jangka waktu yang berdekatan, sebaiknya anda membeli Japan Rail Pass untuk menghemat uang. http://www.japanrailpass.net/
1-B. Akomodasi
Osaka City Landscape
Osaka City Landscape
Wisata ke Jepang memang tidak murah, namun tidak selalu berarti mahal. Saya pribadi lebih suka menghemat di akomodasi dan memberi budget lebih untuk makanan. Hotel di Jepang umumnya kecil, namun sangat jarang sekali ada hotel di Jepang yang kotor, meskipun hotel murah. Staff hotel pun selalu sopan dan ramah walau di hotel murah sekalipun. Meskipun ada banyak pilihan hotel di Jepang, tidak semuanya bisa kita booking dengan mudah. Berikut beberapa hotel favorit penulis yang bisa dibooking online dan terletak dekat dengan pusat keramaian. Harga dalam $ USD atau Y Yen.
1. Hotel Chuo – Dorm $21 – Private Room $37. http://www.chuogroup.jp/chuo/english/index.html – Jangan ragu untuk meminta potongan di low season.
2. Chisun Hotel Shinsaibashi – Y8500 untuk 1 ruangan single private. http://www.solarehotels.com/english/chisun/hotel-shinsaibashi/guestroom/detail.html
3. Hotel Toyo – Y1700 untuk 1 ruangan private – tidur di Tatami. http://www.hotel-toyo.jp/index.html
4. Cross Hotel Osaka – Y12,000 – Hotel Bintang 4 – Lokasi tepat di sebelah kanal Dotonbori http://www.crosshotel.com/eng_osaka/index.html
5. Capsule Hotel Asahi – Y2700 – Sudah include free Sauna. Tidur di kapsul. http://www.asahiplaza.co.jp/capcel/english.html
6. Kaneyoshi Ryokan – Y5250 – Penginapan tradisional Jepang. http://www.kaneyosi.jp/english.htm
1-C-1 Makanan Lokal
Okonomiyaki
Okonomiyaki
Osaka terkenal dengan Takoyaki dan Okonomiyaki. Takoyaki adalah bola-bola octopus goreng yang disajikan dengan mayonais berlebihan khas Osaka. Sedangkan Okonomiyaki adalah masakan ‘pancake telur dadar’ suka-suka kita. Kita yang memasak dan menentukan apa isinya, tentu saja makanan ini juga dilabur dengan mayonais. Selain itu Osaka juga terkenal denganbattera-sushi alias sushi kotakan berbentuk balok. Jika ketiga makanan ini yang anda cari, maka anda tak perlu kuatir karena anda bisa mendapatkannya hampir di seluruh kota. Umumnya seporsi makanan dapat dibeli seharga Y800 – Y1400.
Jika ada budget berlebih tidak ada salahnya mencoba restoran Kani Doraku Honten di Dotonbori. Restoran yang terkenal dengan ikon kepiting raksasanya ini konon berasal dari sebuah outlet di Dotonbori. Bersiaplah untuk mengeluarkan Y4000 – Y12,000 untuk sekali makan di Kani Doraku Hoten.
Octopus
Octopus
Restoran lain yang terkenal adalah Kinryu Ramen, kedai ramen yang terletak di Dotonbori ini terkenal dengan hiasan kepala naga raksasa. Anda tidak akan melewatkannya. Harganya juga manusiawi.
Daerah pusat makanan yang terkenal adalah di Dotonbori di mana anda tidak akan kehabisan pilihan makanan. Umumnya restoran di Dotonbori akan memajang harga dan menu di luar restoran, jadi anda tinggal berjalan menyusurinya sambil mencari yang sesuai dengan budget anda. Entah apa lidah saya sudah cocok dengan masakan Jepang di Jepang, tapi saya tidak pernah merasakan makanan yang tidak enak selama saya berada di Jepang padahal saya selalu asal saja memilih restoran yang paling murah dan dekat. Hal ini kontras sekali ketika saya berada di Jakarta dan Surabaya, banyak restoran Jepang yang tidak enak meskipun harganya selangit.
Jika anda kangen dengan masakan Indonesia anda dapat mengunjungi restoran di bawah ini di Osaka:
1. Restoran Bagus – Mengklaim mempunyai menu halal – Osaka Kita-ku Nakatsu 1-9-11 Toyo Building 1st Floor Number 2 – http://www.a-nen.jp/onepages/bagus.html
2. Restoran Cita-Cita – Osaka Chuo-ku Minami Honmachi 3-4-10 – http://www.shigotosoken.com/citacita/dining/page/mapinfo.html
3. Restoran Happy Bali – 1-1-11 Nishi Mikuni, Yodogawa-ku, Osaka 532-0006 – http://r.gnavi.co.jp/fl/en/k556600/
1-C-2 Bar & Nightlife
Amerika-Mura atau American Village, kompleks yang berada di sisi seberang Dotonbori ini menjadi pusat kehidupan malam di Osaka. Banyak club bertebaran di sini. Pada sore dan malam hari, Amerika Mura juga menjadi spot yang menarik untuk people watching karena banyak muda-mudi Osaka yang berkumpul di sini.
1-D-1 Biaya Lain:
Sediakan budget lebih untuk transportasi, karena transportasi adalah pengeluaran yang paling penting dan cukup besar selama di Jepang. Ditambah lagi dengan kemungkinan kita nyasar cukup besar karena petunjuk jalan tidak terlalu jelas.
1-D-2 Transport
Jika anda berencana untuk sering bepergian dengan subway ada baiknya anda membeli One-Day-Pass. Pass ini bisa dibeli di loket petugas yang ada di Subway, beberapa hotel juga menjual One-Day-Pass ini. Pada dasarnya, one day pass bisa anda pakai untuk naik turun subway sepuasnya dalam satu hari. Jalur subway di Osaka sudah sangat ekstensif sehingga anda kemungkinan besar tidak akan perlu naik bis. Jika anda berencana bepergian ke luar kota berkali-kali dalam beberapa hari ada baiknya membeli Japan Rail Pass.
2. Objek Wisata
Osaka Jo
Osaka Jo
1. Universal Studio Osaka – Y6300 tiket masuk dewasa. Naiklah kereta menuju Nishikujo station lalu ganti kereta ke JR Yumesaki menuju Universal Studio. Kira-kira perjalanan memakan waktu 30 menit.
2. Spa World – Y2700 All Day Pass. Kompleks Spa raksasa  24 jam ini sangat family friendly. Ada area khusus laki-laki dan perempuan, ada pula area khusus untuk keluarga. Ada onsen, sauna dan berbagai macam spa tematik. Sangat menyenangkan dan cocok sekali untuk bersantai. Sering-seringlah membuka website mereka http://www.spaworld.co.jp/english/pool.html karena mereka sering menyediakan kupon diskon. Peta dan cara menuju Spa World sudah dijelaskan di website mereka.
3. Osaka Jo – Osaka Castle. Kompleks yang direkonstruksi ulang ini tetaplah menarik walau ukurannya tidak sebesar kastil Himeji (di luar kota Osaka). Pada saat tulisan ini dibuat, kastil Himeji sedang di renovasi, sehingga pilihannya tinggal mengunjungi kastil Osaka. Buka pagi – sore saja. Cukup naik subway dan berhenti di Tannimachi4 Chome station.
Glico Neon Dotonbori
Glico Neon Dotonbori
4. Umeda Sky Building – Bangunan futuristik ini mempunyai sebuah floating garden yang terletak di lantai 39. Terdapat berbagai macam atraksi di gedung ini, selain floating garden ada juga suasana kota jaman Showa yang direplika. Gedung ini buka hingga malam, jika cuaca cerah pemandangan kota Osaka dari floating garden sangatlah menarik.
5. Osaka Aquarium – Bangunan aquarium yang impresif dan besar ini cukup memukau, terutama bagi anda yang suka dengan kehidupan laut. Biaya masuk Y2000, turun di Osakako subway.
6. Den Den Town – Akihabaranya Osaka. Meskipun tidak seimpresif Akihabara, tempat ini cukup menarik dengan banyaknya toko elektronik, anime serta maid cafe. Turun di Ebisucho station pada Sakaisuji subway line keluar di exit 1A lalu belok kanan.
7. Dotonbori – Area kanal yang menjadi hidup pada saat malam hari. Beberapa landmark foto terdapat di sini yaitu Glico Man billboard dan kepiting raksasa Kani Doraku Honten. Cara paling mudah adalah turun di Namba station lalu bertanya pada orang lokal karena ada beberapa jenis Namba station yang terpisah satu dengan yang lainnya.
8.  Amerika Mura – Berada di sisi lain dotonbori di daerah yang tidak berbatasan dengan kanal. Tempat favorit untuk people watching. Terkenal dengan sebutan Shinjukunya Osaka.
Masih banyak obyek wisata lain di Osaka namun  8 di atas adalah yang paling sering dikunjungi turis. Dari Osaka anda juga dapat bepergian ke luar kota yaitu ke:
Himeji Jo
Himeji Jo
1. Himeji Jo (Himeji Castle) – Terletak di kota Himeji. Kastil yang sangat impresif kalau bukan yang satu dari tiga kastil paling impresif di Jepang. Sayang saat ini kastil ini sedang direnovasi hingga tahun 2014. Anda masih bisa mengunjunginya hanya saja beberapa bagian kastil akan ditutup scafolding. Untuk cek cara menuju kota Himeji anda bisa membuka http://hyperdia.com
2. Kishiwada – Jika anda kebetulan berkunjung sekitar bulan September, ada baiknya anda menepatkan pada hari sabtu dan minggu sebelum minggu ketiga September untuk menghadiri Danjiri Matsuri di kota Kishiwada. Festival menarik perahu yang ramai dan meriah ini mempunyai sejarah yang unik dan tata cara yang menarik. Jadwal kereta ke Kishiwada dapat anda lihat di http://hyperdia.com
3. Kyoto – Baca Panduan Wisata Kyoto
4. Nara – Baca Mini Panduan Wisata Nara
2-A-1 Saran Itinerary
10 hari sudah cukup bagi anda untuk menjelajahi 3 kota yaitu Nara, Osaka dan Kyoto, serta menginap di Osaka & Kyoto tanpa terburu-buru. Jika terburu-buru anda bisa memaksakannya dalam 5 hari, umumnya Kyoto mendapat porsi terbesar  dan menjadi basis travel anda sedangkan Osaka dan Nara hanya sebagai day trip.
Saat paling bagus untuk berkunjung adalah pada musim Sakura dan musim gugur. Umumnya Sakura mekar di daerah Kansai pada akhir maret hingga minggu pertama April. Sedangkan musim gugur (kouyo – merahnya daun) pada akhir November dan awal Desember. Namun karena perubahan cuaca global, jadwal ini bisa berubah setiap tahunnya. Jika anda berencana datang pada saat ini, rajin-rajinlah googling untuk mendapatkan situasi terkini.
Jepang juga memiliki banyak festival yang selalu menarik perhatian turis, untuk jadwal festival terbaru setiap tahunnya anda dapat membuka http://www.japan-guide.com/event/
Danjiri Festival di Osaka
Danjiri Festival di Osaka
3. Cuaca
November hingga Februari, cuaca dingin, siapkanlah baju dingin anda. Setelah itu cuaca berangsur-angsur menghangat hingga mencapai panas ideal untuk cherry blossom atau mekarnya bunga sakura pada sekitar minggu akhir Maret dan awal April. Lalu cuaca akan beranjak panas hingga mencapai puncak pada bulan Juli – Agustus. September dan Oktober cuaca akan perlahan-lahan menurun hingga memasuki musim dingin.
4. Packing List
Jangan lupakan lip balm dan pelembab kulit karena meskipun pada musim panas, kondisi Jepang tetaplah lebih kering dari Indonesia. Hal ini sering menyebabkan kulit dan bibir pecah serta mengelupas jika kita tidak rajin mengenakan pelembab.
5. Tips
-Banyak pelancong yang keder duluan dengan Jepang sehingga memutuskan mengikuti grup tur dari Indonesia. Saran kami jangan! Jepang cukup mudah untuk dijelajahi sendiri, banyak tanda dalam huruf romawi (romaji) serta anda akan mendapatkan pengalaman yang lebih berkesan dengan pergi sendiri.
-Jangan lupa untuk mengurus visa. Syarat visa turis Jepang cukup mudah dan dapat dibaca di www.id.emb-japan.go.jp/visa.html – Saldo tabungan tidak diharuskan terlalu banyak asalkan lebih dari cukup untuk membiayai trip anda, mereka akan meminta detail transaksi dalam 3 bulan terakhir. Mereka juga meminta bukti reservasi tiket dan hotel.
-Jangan lupa mengambil Free Map di kounter informasi.
Galeri Foto:

0 komentar:

Posting Komentar