Jumat, 15 Oktober 2010

Menikmati nYamlengnya Mangut Lele dan Wader Goreng Muntilan

Menikmati nYamlengnya Mangut Lele dan Wader Goreng Muntilan
RM Makan Purnama -  Dusun Tangkilan, Pabelan, Muntilan
RM Makan Purnama terletak di Dusun Tangkilan, Pabelan, Muntilan, merupakan rumah makan spesialis mangut lele dan ikan air tawar. Kalau dari arah Yogya ke Magelang, setelah Muntilan dan ketemu tikungan di sungai Pabelan langsung belok kekanan kira2 25 meter, ada warung makan “PURNAMA” Rumah makan ini merupakan langganan Pak Dhe saya sejak masih muda [usia Pak Dhe sekarang 70-an].
Kami sekeluarga beruntung menikmati makan siang di RM Purnama ini tahun baru kemarin. Waktu itu kami dalam perjalanan pulang dari Tambi-Wonosobo menuju rumah Turi-Jogja. Kami sampai di RM makan ini sekitar jam setengah 3 , pengunjung masih banyak, rumah makan penuh dan antri pesan makanan, meskipun waktu makan siang sudah lewat.
ngantriNgantri
Kami pun segerea bergabung dengan calon pembeli lain ikut dalam antrian. Sambil antri, saya memperhatikan menu makanan yang ada di sini, beberapa yang sempat saya ambil gambarnya antara lain wader goreng, ikan tombro goreng, mangut ikan, sambel goreng telur dan lele goreng. Saya tidak sempat memfoto mangut lele di panci, karena ternyata beberapa porsi terakhir adalah porsi yang disajikan untuk saya dan Ibunya Afa.
waderWader Goreng
tombro-gorengTombro Goreng
mangut-ikanMangut Ikan
telorSambal Goreng Telur
lele-gorengLele Goreng
Setelah cukup lama mengantri, saya akhirnya dilayani juga. Seporsi makan siang saya kali ini terdiri dari sepiring nasi, sayur dengan lauk mangut lele dan wader goreng.
mangutSeporsi Makan Siangku
Saya pun segera menikmati makan siang ini, bersama dengan Afa dan Ibunya. Ibunya Afa juga makan dengan lauk mangut lele. Kenyamlengan mangut lele yang memang sudah terkenal segera kami rasakan sendiri. Tidak rugi kami ikut  mengantri, karena kenyamlengan menu makan siang kami kali ini sepadan dengan effort yang sudah kami keluarkan. Rasa lapar yang berpadu dengan citarasa mengut lele yang nyamleng tenan, membuat makan siang kami terasa nikmat dan seporsi mangut lele pun segera habis tak bersisa di piring kami.
Selesai makan, kami membayar dan melanjutkan perjalanan pulang ke Jogja. Kami sempat berfoto sebentar di depan rumah makannya. Pengalaman makan siang di RM Purnama kali ini cukup berkesan, dan saya sendiri pun terpesona oleh kenyamlengan wader goreng dan mangut lelenya. Ditunjang oleh harga yang reasonable, pengalaman yang panjang dalam menyajikan menu ikan air tawar  dan mangut lele, dan letaknya yang tidak jauh dari jalan Jogja-Magelang, membuat RM Purnama ini menjadi salah satu tempat makan yang reccomended untuk pecinta mangut lele dan ikan air tawar.

2 komentar:

  1. Sejak aku TK tahun 79an, sudah sering diajak kesini sama bapak, waktu itu bangunannya masih kayu. setiap mudik, sering saya sempatkan mampir kesini... manteb tenan

    BalasHapus
  2. saya penggila lele mbak... mungkin bagian sebagian orang jijik dengan lele... but lele is delicious.... i love lele

    BalasHapus